Tanggapan Mereka


Berikut ini sebagian contoh tanggapan dari beberapa rekan yang pernah menggunakan layanan pelatihan dan konsultansi Asti.

 

Project: Technical Assistance Penguatan Organisasi untuk mitra project SUM II USAID

Liana saat mengikuti International AIDS Conference 2014 di Melbourne, Australia“Dengan mentoring yang saya dapatkan dari CIRCLE melalui kak Asti, sungguh luar biasa dampak positif buat saya secara pribadi. Saya jadi bisa berpikir kritis, bisa presentasi di depan umum (semula saya malu untuk berbicara dimuka umum dalam forum). Saya bisa mulai memahami alur berpikir program dan yang lebih penting kemampuan menulis saya juga ditingkatkan!

 

Meskipun masih butuh lebih banyak lagi belajar, namun mentoring dari kak Asti dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti serta metode partisipatif yang diajarkan membentuk saya seperti sekarang ini.”

Liana Andriyani – Program Manager Organisasi Perubahan Sosial Indonesia (OPSI)

 

Project: Penguatan Kapasitas untuk FOKUS Muda – Komisi Penanggulangan AIDS Nasional – UNFPA dalam isu Kesehatan Seksual dan Reproduksi Remaja 

(Informasi lebih jauh tentang project ini bisa dibaca disini).

Setia Perdana“Kami mengenal Asti lebih dari 2 tahun dan telah bekerjasama dengan dia di beberapa kegiatan di isu HIV serta isu Kesehatan dan Hak Seksual Reproduksi untuk remaja populasi kunci. Dalam berbagai kegiatan tersebut, Asti selalu mendemonstrasikan keterampilan, pengetahuan, dan bahkan sikap yang bersahabat. Hal ini merupakan elemen penting di setiap tahapan proses, dan sangat bermanfaat dalam menciptakan kemitraan yang bersifat timbal balik antara kaum muda dan orang dewasa.

 

Kami sangat merekomendasikan Asti untuk siapa saja atau organisasi mana saja yang membutuhkan proses konsultansi yang bermakna.”

Setia Perdana, Koordinator Fokus Muda, Forum Populasi Kunci Usia Muda Indonesia

 

Project: Oxfam-Novib HIV Project & Global Comprehensive Abortion and Care Project (GCAC), Indonesian Planned Parenthood Association (IPPA) 

dr. Ramona“Saya mengenal dan bekerja sama dengan dr. Asti sejak program pencegahan HIV bagi masyarakat dengan risiko tinggi di kota Manado (Oxfam Novib-PKBI) pada tahun 2006 s/d tahun 2008. dr. Asti sangat gigih dan mau bekerja keras untuk memperbaiki capaian program yang saat itu dinilai kurang memuaskan, padahal dr. Asti baru bergabung di tengah durasi program. 

 

Hal yang membanggakan juga terasa ketika dr. Asti memegang program GCAC PKBI – IPPA; ketangguhan dan kerja kerasnya memberikan kontribusi terhadap PKBI Sulawesi Utara sehingga menjadi salah satu propinsi dengan capaian program yang membanggakan.”

dr. Ramona Sari, dahulu Kepala Divisi Kesehatan Seksual dan Reproduksi dan Program HIV AIDS di Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Pusat, saat ini konsultan kesehatan reproduksi.

 

Project: Penguatan Kapasitas dan Pelatihan untuk Yayasan Kerti Praja (YKP), mitra dari Burnet Institute Indonesia.

Prof Wirawan“Saya mengenal Asti pada tahun 2008 ketika dia bekerja dengan Burnet. Banyak program Yayasan Kerti Praja (YKP) yang difasilitasi oleh Asti, antara lain: penguatan kapasitas kelembagaan YKP, pelatihan dan penyegaran konselor VCT, pelatihan dokter umum PDPAI (Perkumpulan Dokter Peduli AIDS Bali) yang juga melibatkan dokter-dokter YKP, pelatihan petugas lapangan YKP tentang perawatan berbasis rumah, pelatihan komunikasi dan konseling dasar untuk petugas kesehatan termasuk tenaga medis di YKP, dan pilot pelatihan pencegahan positif dengan Kelompok Dampingan Sebaya YKP (KDS Melati) sebelum modul positive prevention diperkenalkan secara nasional.

 

Setelah tidak lagi bekerja dengan Burnet, saya masih terus minta bantuan kepada Asti untuk berbagai kegiatan pelatihan dan pengembangan antara lain pengembangan modul untuk couple counseling serta pelatihannya untuk konselor-konselor di Bali sebagai bagian dari operational research Udayana, YKP dan Kirby Institute.

 

Dari semua kegiatan yang difasilitasi oleh Asti untuk YKP, saya hanya punya satu penilaian yaitu Asti mempunyai motivasi dan dedikasi yang amat tinggi pada bidang yang dia tekuni, dia sangat profesional dan saya amat puas bekerja sama dengan Asti. Terhadap performance yang dia capai, saya memberikan skor tertinggi. Ketika kalimat-kalimat ini saya tulis, saya juga minta Asti agar meluangkan waktu untuk memfasilitasi YKP dalam beberapa pelatihan dan pengembangan beberapa kegiatan inovatif yang sedang saya rencanakan.”

Profesor D.N. Wirawan, Dosen Senior di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Bali; Koordinator Kelompok Kerja Pengawasan dan Evaluasi di Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Bali; Direktur Yayasan Kerti Praja, Peneliti dan Penggiat HIV.

 

 

Project: Saat Baby menjabat sebagai Koordinator Nasional Ikatan Perempuan Positif Indonesia (IPPI), Asti bekerjasama dengannya dalam beberapa project antara lain pengembangan modul pelatihan kesehatan perempuan serta fasilitasi TOT kesehatan seksual reproduksi perempuan untuk anggota IPPI dan pelatihan penyegarannya. Asti juga memfasilitasi IPPI dalam isu penguatan organisasi, termasuk membantu membuat aturan organisasi tentang penyelesaian konflik. 

Baby Rivona“Seorang Asti Widihastuti yang saya kenal adalah seorang yang sangat sabar menangani bidang pekerjaannya, khususnya dalam berhadapan dengan berbagai latar belakang komunitas yang mana latar balakang pendidikan dan budaya yang berbeda-beda. Asti adalah seorang yang selalu tersenyum walaupun dalam situasi yang sulit, baik secara personal maupun dalam pekerjaannya.

 

Saya sangat bangga dapat mengenal dan bekeja sama dengan beliau; saya banyak belajar dalam mengatasi masalah pekerjaan dan personal yang sedang dihadapi berkat selalu berkonsultasi dengan seorang Asti.”

Baby Rivona, Aktivis HIV

 

Project: Asti dan Christian bekerjasama dalam Australian NGO Cooperation Program (ANCP), Burnet Institute di Indonesia, serta kerja-kerja konsultasi paska Burnet (antara Yayasan Gaya Dewata
dan Asti secara langsung).

Christian“Asti Widihastuti orangnya sangat baik dan energik. Secara personal Asti juga sering membantu kegiatan saya dan lembaga saya dalam memberikan ide-ide dan juga terjun langsung dalam pelaksanaan kegiatan. Asti Widihastuti tidak melihat siapa yang akan dibantu. Sepanjang Asti memiliki waktu dan hal itu memang bermanfaat, ia pasti akan membantunya.

 

Walaupun sekarang kami tinggalnya berjauhan, tapi kami masih tetap melakukan komunikasi untuk tetap bisa membantu kami jika kami membutuhkannya. Kami senang berteman dan sekaligus bekerja sama dengan Asti yang tidak selalu melihat materi. Semoga kami masih bisa tetap terus bekerja sama.”

Christian Supriyadinata – Direktur Yayasan Gaya Dewata

 

 

Project: USAID – SUM II – Circle Indonesia, dan kerja-kerja volunteer yang diberikan Asti untuk OPSI

Ichall“Asti Widihastuti adalah seorang motivator, pembimbing, kakak dan tempat curhat.

 

Pada awal ketika mengenal seorang Mbak Asti, yang terpikir didalam benak saya adalah, “Waah, akan banyak kemampuan dan kapasitas saya yang meningkat bersama Mbak Asti”. Namun demikian sepanjang masa ketika saya diasistensi oleh Mbak Asti, ternyata beliau juga seorang motivator, konselor dan selalu memberi energi positifnya kepada saya dan teman-teman di OPSI. Kami selalu merasakan dinamika yang mengasyikkan ketika diasistensi secara teknis oleh Mbak Asti.”

Faisal Riza (Ichall) - Program Support Manager Organisasi Perubahan Sosial Indonesia (OPSI)

 

 

Project: Terlibat bersama dalam kegiatan-kegiatan peningkatan kapasitas yang diselenggarakan oleh Angsamerah.

dr. Ratna“Asti Widihastuti adalah teman dalam tim yang energik, kreatif, pandai menyesuaikan gaya bahasa dengan audiens yang dihadapi sehingga materi yang ditargetkan masuk dalam benak audiensnya dengan nyaman tanpa resisteni.

 

Judul yang tadinya dianggap tabu untuk dibicarakan seperti materi seksual dapat tersampaikan dengan bahasa lugas yang dapat diterima tanpa meninggalkan kaidah anatomi-fisiologi dan psikologi.”

Dr. Ratna Mardiati –  Psikiater, Dosen Fakultas Kedokteran UKRIDA, Fakultas Psikologi  Universitas Persada Indonesia YAI/Universitas Esa Unggul/Universitas Bhayangkara/Universitas Islam Negeri Jakarta,  tenaga ahli Angsamerah Institution.

 

Project: Terlibat bersama dalam kegiatan-kegiatan peningkatan kapasitas yang diselenggarakan oleh Angsamerah.

Felix Neuenschwander“Bagi saya, Asti merepresentasikan seorang fasilitator/trainer dan mentor yang ideal – sebab ia memiliki kombinasi yang jarang dimiliki oleh orang lain yaitu keterampilan teknis, pengetahuan yang mendalam serta kualitas diri yang menarik. Salah satu dari banyak kekuatan utama yang ia miliki adalah keterampilan berkomunikasinya yang sangat jelas. Dengan mudah Asti bisa mengubah konsep teoritis dan bahasa yang rumit menjadi gambaran dan kalimat-kalimat yang mudah dipahami. Caranya memfasilitasi kreatif dan praktis, jadi Anda tidak akan pernah bosan. Selain itu kombinasi tadi menjadi semakin komplit dengan pembawaannya yang bersahabat, hangat, dan murah hati.

Saya sangat merekomendasikan siapa pun untuk menghadiri workshop atau pelatihan yang difasilitasi oleh Asti, atau untuk menghubunginya buat kegiatan mentoring atau konsultansi di isu-isu kesehatan, seperti kesehatan umum, kesehatan masyarakat, kesehatan seksual dan reproduksi (khususnya HIV dan AIDS), gender, seksualitas, hak asasi manusia, penguatan kapasitas organisasi, pengembangan kurikulum pelatihan dan pekerjaan-pekerjaan analisa konseptual.”

Felix Neuenschwander – Program Manager Angsamerah Institution.